Pages

Sunday, February 12, 2012

Tokoh-Tokoh Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tak kenal maka tak sayang... Mengenal tokoh-tokoh dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi --orang-orang yang berpengaruh dan memberi kontribusi secara signifikan bagi perkembangan dunia ICT-- akan memberi kita wawasan lebih luas bagaimana dunia teknologi komputer dan Internet dikembangkan. Berikut daftar tokoh-tokoh yang dianggap berpengaruh luas dan kontribusi mereka masing-masing.
  • Paul Baran, seorang insinyur kebangsaan Polandia - Amerika yang menjadi perintis pengembangan jaringan komputer. Beliau menemukan teknik sambungan paket (packet switching), yang kemudian dikembangkan menjadi fondasi dari Internet.
  • Vinton Gray Cerf atau yang lebih dikenal dengan Vint Cerf, ilmuwan komputer asal Amerika yang sering disebut sebagai Bapak Internet atas kontribusinya dengan Bob Kahn dalam pengembangan TCP/IP di DARPA yang kemudian menjadi cikal bakal Internet, seperti yang kita kenal dewasa ini.
  • Dennis Ritchie (Dennis MacAlistair Ritchie), pengembang bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix, bersama dengan Ken Thompson (Kenneth Lane Thompson). Bahasa C hingga sekarang menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan sering digunakan untuk membangun sistem operasi dan berbagai perangkat lunak. Unix sendiri menjadi salah satu pelopor sistem operasi modern yang kemudian diteruskan oleh sistem operasi BSD dan menjadi inspirasi model pengembangan sistem operasi berbasis kernel Linux.
  • Richard Matthew Stallman (Richard Stallman), pelopor GNU dan FSF. Kontribusinya pada gerakan perangkat lunak bebas berkode terbuka memberi dampat luas pada pembuatan dan pengembangan berbagai perangkat lunak yang dapat didistribusikan tanpa lisensi (biaya) dan berkode terbuka.
  • Bill Gates (William Henry Gates II), pendiri dan pemilik perusahaan raksasa Microsoft yang didirikannya bersama dengan rekannya, Paul Allen. Tidak ada yang dapat memungkiri pengaruh Microsoft terutama dengan Windows sistem operasi buatan mereka dan aplikasi perkantoran Microsoft Office. Dua perangkat lunak ini paling umum digunakan oleh hampir semua pengguna komputer di seluruh dunia.
  • Steven Paul Jobs atau yang lebih dikenal dengan Steve Jobs, pendiri dan pemimpin perusahaan Apple bersama dengan Stephen Gary Wozniak (Steve Wozniak). Inovasinya dalam pengembangan berbagai perangkat seperti Mac Book, iPhone, iPad, Ipod dan sebagainya telah menjadi pelopor bagi perkembangan perangkat komunikasi dan informasi lainnya.
  • Tim Berners-Lee (Sir Timothy John Berners-Lee), ilmuwan komputer kebangsaan Inggris, profesor MIT dan penemu dari WWW (World Wide Web). Temuannya menjadikan WWW sebagai salah satu bagian Internet yang paling banyak diakses dan memberi manfaat bagi para pengguna Internet. Keberadaan halaman web sangat membantu dalam penyebaran informasi, juga memudahkan orang untuk berkomunikasi melalui web.
  • Linux Torvalds (Linus Benedict Torvalds), pengembang utama kernel Linux ini mendedikasikan hampir sebagian hidupnya untuk mengembangkan kernel Linux yang kemudian banyak dijadikan basis berbagai sistem operasi berbasis Linux (distro Linux). Linux sendiri dewasa ini banyak digunakan di berbagai komputer pribadi, perkantoran, server bahkan komputer super (super computer).