Pages

Sunday, February 12, 2012

Apa itu Blog?

Apa sih blog itu? Mahluk seperti apakah yang bernama blog? ;)

Blog adalah kependekan dari weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997. Istilah ini digunakannya untuk menyebut kelompok situs pribadi yang selalu diperbarui secara berkesinambungan dan berisi pranala-pranala ke situs lain yang mereka anggap menarik disertai dengan opini-opini mereka sendiri.

Awalnya, blog lebih merupakan catatan pribadi perjalanan seseorang di Internet, kebanyakan isnya tautan ke situs yang mreka kunjungi dan dianggap menarik, kemudian blog menjadi jauh lebih menarik daripada sekedar sebuah daftar link. Tulisan-tulisan dan komentar-komentar “cerdas” mereka, dan pendapat-pendapat pribadi mereka membuat blog menjadi berbeda dengan situs kebanyakan.

Dari komentar-komentar itu biasanya blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” isi pikiran dan kehidupan sehari-hari dari para pemilik blog. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang narablog (blogger). Topik-topik apa yang merek sukai dan tidak, apa yang mereka pikirkan terhadap tautan-tautan web yang mereka pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari laman blognya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diari seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah daring Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan situs web yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diari yang disimpan di internet.

Kemungkinan besar, blog pertama adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993, atau bahkan laman web pertama yang dibuat oleh Tim Berners-Lee, penemu/pengembang WWW. Alamat blog dan blogger paling awal yang pernah dicatat adalah laman milik Justin Hall yang mulai ditulisnya pada Januari 1994.

Secara singkat dapat diartikan blog adalah jenis situs web yang isinya kebanyakan bersifat personal, diperbarui secara kontinu, memiliki tautan dan komentar-komentar pribadi, dan yang sering menjadi ciri khasnya adalah isi tulisan ditampilkan secara kronologis, dari yang paling baru hingga yang lama atau sebaliknya. Nah, sudahkah Anda memiliki blog? ;)





Referensi: