Pages

Sunday, February 12, 2012

Manajemen Informatika dan Computing Curricula

Perkembangan zaman memunculkan teknologi-teknologi baru yang kemudian juga menghadirkan disiplin-disiplin ilmu baru berkenaan dengan kemunculan pengetahuan/teknologi baru tersebut. Salah satu disiplin ilmu yang bertumbuh semakin pesat dalam beberapa dekade terakhir adalah bidang Ilmu Komputer dan Informatika. Dulunya, di beberapa institusi pendidikan disiplin keilmuan ini sering diposisikan di bawah Fakultas Teknik atau Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (beberapa kampus hingga sekarang masih memposisikan Informatika/Ilmu Komputer seperti ini). Dalam perkembangannya kemudian cabang ilmu ini menjadi disiplin tersendiri yang terpisah dan mandiri.

Kurikulum Ilmu Komputer dan Informatika di Indonesia sendiri bersandar dan diadaptasi menurut Computing Curricula. Computing Curricula adalah pedoman penyusunan kurikulum di bidang komputer yang disusun bersama oleh beberapa organisasi internasional di bidang komputer seperti; AIS (the Association for Information System), ACM (the Association for Computing Machinery) dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society).Kurikulum ini memberikan pedoman tentang penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu: Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), dan Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak). Pada umumnya di Indonesia, Jurusan Manajemen Informatika sendiri dikelompokkan pada Program Studi Sistem Informasi (Information Systems).

Perbedaan program studi bidang komputer tersebut dalam hal pembobotan dan kompetensinya adalah sebagai berikut:
  1. Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer (CE, Computer Engineering) diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
  2. Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer (CS, Computer Science)  diarahkan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori/konsep mengenai pengembangan perangkat lunak (software) hingga pengembangannya 
  3. Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika (IS, Information System); diarahkan untuk menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem informasi berdasarkan tujuan dari organisasi.
  4. Teknologi Informasi (IT, Information Technology) diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam perencanaan, penimplementasian, pengkonfigurasian dan perawatan (maintenance) infrastruktur Teknologi Informasi dalam organisasi.
  5. Rekayasa Perangkat Lunak (SE, Software Engineering) diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan perangkat lunak (software) skala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).
Berikut perbandingan umum dan pembobotan tiap jurusan bidang komputer sesuai dengan Computing Curricula.






Manajemen Informatika --yang dikelompokkan ke dalam Jurusan Sistem Informasi-- sendiri menurut Computing Curricula adalah cabang keilmuan yang berfokus/berspesialisasi pada mengintegrasikan solusi Teknologi Informasi dan proses bisnisnya untuk memenuhi kebutuhan informasi pelaku bisnis dan perusahaan, memampukan mereka untuk meraih tujuan mereka secara efektif dengan cara yang efisien. Dengan demikian, sedikit berbeda dengan bidang Ilmu Komputer yang lain, Manajemen Informatika atau Sistem Informatika diposisikan untuk mengimplementasikan konsep dan solusi Teknologi Informasi dalam dunia bisnis dan organisasi.





Referensi:

No comments:

Post a Comment