Pages

Sunday, February 12, 2012

Netiket (Netiquette)

Netiket/netiquette (network etiquette) merupakan serangkaian aturan sosial/etika dalam menggunakan berbagai fasilitas di Internet. Aturan ini sendiri seringkali bersifat tidak tertulis, namun harus dipahami oleh semua pengguna Internet. Internet sebagai suatu jaringan maha besar yang digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia memerlukan aturan semacam ini untuk menjadi acuan bagi para pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Kelalaian memenuhi aturan ini dalam berinteraksi menggunakan Internet seringkali akan membawa masalah pada pengguna yang bersangkutan.


  • Amankan terlebih dahulu diri dan properti yang kita gunakan. Amankan komputer dengan memasang anti virus atau firewall.
  • Jangan terlalu mudah percaya dengan data atau informasi yang kita temukan di Internet, teliti sebelumnya.

Dan hal yang paling utama dan penting adalah hargai pengguna lain di internet, berikut contoh-contoh praktisnya:
a. tidak membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya dengan plagiat (menyalin secara penuh atau sebagian konten tanpa ijin dan atribut pemilik).
b. tidak berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, contohnya dengan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit atau akun Internet banking.
c. tidak berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas dan bersifat pribadi.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena kalimat kapital yang terlalu banyak sering dianggap berteriak dan terlihat kurang sopan dan tidak nyaman untuk dilihat.
e. jangan memanas-manasi (flamming),  keluar dari topik pembicaraan (trolling), beriklan dan memasang tulisan yang tidak berguna (junking) saat berinteraksi di Internet.

Nah, jadi siapa bilang tidak ada aturan di Internet? Mematuhi aturan dan etika ini pada akhirnya akan membuat pengalaman Internet kita lebih menarik dan berharga, saling menghormati sesama pengguna Internet juga akan menciptakan kehidupan dunia maya yang lebih harmonis. Jadilah pengguna Internet yang bijak :).





Referensi: